Langkah

Hampir Selesai

25 Desember 2019
SELAMAT MEMAKNAI NATAL πŸ™‚

Tahun ini seperti berjalan begitu saja, bisa dibilang ringan; yang terberatpun bisa dilalui tanpa terasa. Aku suka 2019, mengalir natural seperti air, terantuk batu, lalu coba cari celahnya untuk terus mengalir. Mungkin 2018 telah mengajarkanku caranya menghadapi batu-batu itu, 2018 juga mengajarkanku melihat batu-batu, sungai, dan air yang mengalir itu sebagai satu kesatuan yang utuh, yaitu “hidupku”.

Yap, sebelum tutup tahun, aku ingin berbagi cerita lagi tentang teman-teman yang mau mengajakku belajar bersama di penghujung tahun ini, kali pertama, kali kedua, ataupun pada “kali” yang ntah keberapa. Sebelumnya, terima kasih banyak untuk waktu dan kesempatannya yah πŸ™‚

Bounce Back

Selamat datang teman-teman baru Bounce Back Project! Selamat bergabung dengan keluarga kecil yang sedang belajar berbagi yang dimiliki. Ini rekrutmen pertama untuk tahun tim baik yang berbagi di tahun 2019-2020. Iya, setiap melihat kalau ada yang ikut merapatkan barisan, berjalan sama-sama, di sana rasanya ada haru bahwa langkah yang awalnya kecil itu, masih lanjut menyusuri jalannya. Tidak buru-buru, cukup melakukan hal yang bisa dilakukan dan-berharap- itu memberi manfaat.

Psikologi Untuk Negeri

Ini kali pertama ikut berbagi di acara BEM Psikologi (lha biasanya lebih sering diajak main sama anak Ekonomi hihihi). Menantang rasanya ketika diminta berbagi tentang “kesehatan mental” untuk ibu-ibu di daerah Pondok Jaya. Berusaha mengerahkan segala analogi dan gambar untuk bisa “masuk” ke pemahaman kesehatan mental yang penting untuk dijaga dalam keseharian, apalagi pada ibu πŸ™‚ Terima kasih PuN untuk kesepatannya, terima kasih juga Kak Ayu Kartika sudah menemani mengisi sesinya.

PIPI 2019

Ini kali kedua satu kepanitiaan sama senior-senior (beneran senior) setelah waktu di kampus dulu. Masih deg-degan kalau mau menyampaikan ide atau hal-hal sejenisnya. Aku banyak belajar dari kepanitiaan ini, kepanitiaan yang lomba debatnya dulu aku ikuti bareng Aziz dan Kak Jewe (udah lama banget!). Penuh permintaan maaf karena nggak bisa optimal di kepanitiaan ini karena jadwal ketemuan sering bareng sama jadwal bimbingan.

Gerakan UI Mengajar

Rasanya? Kembali pulang! Hihihi
Masih jadi agenda tahunan yang diteruskan sejak 2017, berarti sudah masuk tahun ketiga diberi waktu dan kesempatan untuk bertemu teman-teman yang akan berangkat aksi (kali ini Ke Lampung! wow!). Aku merasa beruntung banget ketika langkahku tak bisa pergi jauh, tetapi pesan-pesan bisa aku titipkan lewat teman-temanku ini. Selalu senang dengan semangatnya, pengajar dan panitia! Semoga jadi memori baik yaah sebelum berangkat.

Manusaya

Dua tahun berlalu, ternyata ceritanya masih berlanjut. Jadi teman Manusaya yang melihat komunitas ini terus melangkah dengan caranya. Seperti biasa, satu hal yang aku suka dari mereka adalah “kesediaan belajar” dan “ketulusan berbagi”. Dua modal yang penting dalam menjalankan aksi baik. Terima kasih ya sudah mengajak belajar sama-sama. Baru kali ini satu sesi sama Kang Maman dan bisa mendengar “ayah” bercerita.

Kelas Menulis Kreatif

Ini kali kedua aku diajak oleh pihak lain untuk mengisi kelas menulis. Sebelumnya oleh Rumah Perubahan tahun lalu, kemudian tahun ini oleh Kedai Sinau. Jika biasanya aku mengisi kelas menulis untuk anak sekolah dasar, kali ini untuk anak SMP dan SMA. Aku senang karena mereka sudah tahu hal yang disukai, jenis tulisan, termasuk hal-hal yang dirasa sulit pada saat menulis. Jadi kami berdiskusi seputar hal-hal itu. Selesai dengan apik! πŸ™‚

Author

putripuspitaningrum@gmail.com
penuh waktu untuk menjalani dan memaknai; jeda waktu untuk menulis dan berbagi; -sedang berproses menjadi psikolog-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *